Sosialisasi Pelayanan Pengujian dan/atau Kalibrasi Alat Kesehatan BPAFK Surakarta

Pada hari Senin tangagal 27 Mei 2024, Balai Pengamanan Alat dan Fasilitas Kesehatan (BPAFK) Surakarta melaksanakan kegiatan sosialisasi pelayanan pengujian dan/atau kalibrasi alat kesehatan. Sosialisasi tersebut dilaksanakan melalui kunjungan ke kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bersama tim yang dipimpin langsung oleh Kepala BPAFK Surakarta, Ir. Rohmadi, ST., M.Si., MT., MM., kegiatan tersebut berlangsung diruang auditorium Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dan disambut oleh Kepala beserta jajaran dari kantor Dinkes Kabupaten Gunungkidul.

Dalam paparannya, Kepala BPAFK Surakarta mempresentasikan profil dari BPAFK Surakarta, beserta dengan jenis-jenis pelayanan yang dapat dilaksanakan oleh BPAFK Surakarta. Termasuk pelayanan Kalibrasi Mobile yang menjadi salah satu pelayanan unggulan dari BPAFK Surakarta selain dengan One Day Service.

Dilaksanakannya sosialisasi tentang pelayanan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan memiliki harapan yang penting dan beragam. Beberapa di antaranya termasuk:

1. Peningkatan Kesadaran

Sosialisasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama para profesional kesehatan, tentang pentingnya pengujian dan kalibrasi alat kesehatan. Ini dapat membantu mengurangi risiko penggunaan alat yang tidak akurat atau tidak terkalibrasi dengan baik.

2. Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan

Dengan memastikan bahwa alat kesehatan terkalibrasi dengan benar, fasilitas kesehatan dapat memberikan layanan yang lebih berkualitas kepada pasien. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sistem kesehatan.

3. Pencegahan Kesalahan Diagnosis

Alat kesehatan yang terkalibrasi dengan baik dapat membantu dalam diagnosis yang lebih akurat dan tepat waktu. Ini dapat mengurangi risiko kesalahan diagnosis dan pengobatan yang salah.

4. Kepatuhan Regulasi

Sosialisasi juga dapat meningkatkan kesadaran akan regulasi terkait pengujian dan kalibrasi alat kesehatan. Hal ini dapat mendorong lebih banyak institusi kesehatan untuk mematuhi standar dan regulasi yang ada.

5. Mengurangi Risiko Kesehatan Masyarakat

Dengan memastikan bahwa alat kesehatan digunakan secara tepat dan terkalibrasi, risiko terjadinya kejadian yang merugikan bagi kesehatan masyarakat dapat dikurangi.

6. Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas

Alat kesehatan yang terkalibrasi dengan baik dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam diagnosis dan pengobatan, menghasilkan penghematan waktu dan biaya.

Sosialisasi yang efektif tentang pelayanan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan dapat membawa banyak manfaat bagi individu, institusi kesehatan, dan masyarakat secara keseluruhan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *